Rabu, 30 Mei 2012

Perintah dasar pada Linux

Sekilas Tentang Command Line
Seperti halnya bila kita mengetikkan perintah di DOS, command line atau baris perintah di Linux juga diketikkan di prompt dan diakhiri dengan menekan tombol Enter pada keyboard untuk mengeksekusi perintah tersebut.
Baris perintah merupakan cara yang lebih efisien untuk melakukan sesuatu pekerjaan. Oleh karena itu pemakai Linux tetap mengandalkan cara ini untuk bekerja. Sebaiknya pemula juga harus mengetahui dan sedikitnya pernah menggunanakan perintah baris ini karena suatu saat pengetahuan akan perintah-perintah ini bisa sangat diperlukan.

Perintah pada Linux untuk memberikan IP

Pada Windows, proses menemukan alamat ip bukanlah tugas yang sulit,di Linux bagaimana cara menemukan alamat ip di linux bukanlah pertanyaan yang sulit untuk menjawab. Namun pertama-tama mari kita mencoba mengerti, apa yang merupakan alamat ip?
Bagi anda yang tidak tahu persis penggunaan suatu alamat ip, izinkan saya mencoba menjelaskannya kepada Anda secara detail. Sebuah alamat IP adalah singkatan untuk ‘Internet Protocol’ alamat. Nah, alamat ip 32 bit yang tersimpan dalam format binari, tetapi ditampilkan kepada pengguna dalam bentuk yang dapat dibaca manusia. Hal ini digunakan untuk mengidentifikasi mesin yang berbeda dalam sebuah jaringan. Setiap mesin di sebuah jaringan membutuhkan alamat IP yang unik. Ini membantu dalam transfer data sebagai

Root dalam Linux

Untuk mengerti filesystem di Linux, kita perlu sedikit mengubah pengertian yang telah kita anut selama ini terhadap filesystem, khususnya file system di system operasi Windows. Oleh karena itu, modul ini memerlukan asumsi-asumsi sebagai berikut :
1. Pemahaman terhadap filesystem di Windows
2. Pemahaman komputer secara umum, misalnya apa itu direktori, dsbnya.

Minggu, 27 Mei 2012

Cara Instalasi Linux Debian



LANGKAH I
Persiapan Menginstall Linux (Debian)
Nyalakan komputer, kemudian tekan [delete] untuk masuk ke bios,
Setelah di dalam bios, pilih menu
BIOS FEATURES SETUP
tekan [ENTER]
Setelah itu pilihlah menu Boot Sequence agar menjadi CDROM,C,A
[ESC]
Pilih,
SAVE & EXIT SETUP
tekan [ENTER]
tekan y [ENTER]
Maka komputer akan mulai booting kembali dengan boot sequence pertama ke CDROM.

keunggulan linux

Banyak orang yang menggunakan windows,namun apakah open source tidak lebih baik dari windows?

Linux mempunyai berbagai keunggulan jika dibandingkan sistem berbasis windows, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Lisensi

Semua software ini bisa didapat gratis berdasarkan lisensi GNU General Public License (lihat: http://www.fsf.org/copyleft/gpl.html) atau lisensi-lisensi lain yang mirip dengan itu. Berdasarkan lisensi ini, siapa pun bisa mendapatkan program baik dalam bentuk source code (bisa dibaca manusia) mau pun binary (bisa dibaca mesin), sehingga program tersebut dapat diubah, diadaptasi, mau pun dikembangkan lebih lanjut oleh siapa saja.

Mengenal berbagai jenis file log di server linux

File-file log adalah file yang berada di sebuah sistem yang merupakan file-file penting yang senantiasa mencatat semua kejadian-kejadian(kegiatan) yang berlangsung pada sistem. file ini sangat penting pada sebuah sistem untuk memudahkan kita khususnya admin untuk memeriksa dan menelurusi berbagai masalah yang terjadi, dengan file log si admin dengan mudah menemukan sebuah bug, sumber-sumber penyerangan, dan kerusakan-kerusakan yang terjadi pada sistem yang ditimbulkan , walaupun kita tidak mengetahui cara menanggulagi kerusakan tersebut.
File -file log kebanyakan ditulis dalam bentuk file text yang ditulis perbaris (istilah untuk namanya adalah record) oleh program-program sistem bawaan saat kita menginstall sebuah program ataupun sebuah SO (sistem operasi). sebagai contoh misalkan pada saat kita menjalankan perintah su, maka program su akan memberikan laporannya dan membubuhkan ke dalam file log sulog (file ini akan menjelaskan apakah usaha su dilakukan user tersebut sukses atau tidak).

Jenis-jenis Linux

Distro Linux (singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial seperti Red Hat Enterprise, SuSE, dan lain-lain.

Ada banyak distribusi atau distro Linux yang telah muncul. Beberapa bertahan dan besar, bahkan sampai menghasilkan distro turunan, contohnya Distro Debian GNU/Linux. Distro ini telah menghasilkan puluhan distro anak, antara lain Ubuntu, Knoppix, Xandros, DSL, dan sebagainya.

Kamis, 24 Mei 2012

Sejarah Linux

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com